How Fast You Can Overtake Me???

How Fast You Can Overtake Me???

Kamis, 16 Juni 2016

Inilah Kotaku. . . .

TRENGGALEK

 
Dimana sih itu Trenggalek? Sudah pernah dengar nama Trenggalek?
Sudah pernah ke Trenggalek?

Ooohh yaa. . . . Mungkin masih ada orang yang belum mengenal bahkan tidak pernah mendengar kalau ada kota bernama Trenggalek, itu berdasarkan survei yang saya lakukan saat acara P2KK di UMM kemarin dan berkenalan dengan teman-teman baru, dan kenyataannya masih banyak yang bingung ketika saya bilang asal dari Trenggalek.

Okee bray saya akan ceritakan mengenai
Kota Trenggalek. Trenggalek itu ada di Provinsi Jawa Timur, kotanya memang kecil dan dikelilingi gunung, berbatasan dengan Kota Tulungagung di bagian timur dan Kota Ponorogo di bagian barat.

Budaya Trenggalek
Trenggalek juga punya budaya kesenian yang menarik, misalnya Tari Jaranan Turonggo Yakso. Tari Jaranan Turonggo Yakso ini menceritakan tentang kemenangan warga desa dalam mengusir marabahaya atau keangkaramurkaan yang menyerang desanya.

Saat ini tari Turonggo Yakso banyak diminati oleh para pelajar diwilayah Trenggalek, mulai dari anak SD sampai pada ibu-ibu dan orang tua. Bahkan setiap perayaan 17 Agustus hampir taka da sekolah yang tidak menampilkan Kesenian Tradisional tersebut. Mungkin bagi mereka ini semua adalah ungkapan rasa hormat yang dituangkan dalam sebuah gerakan yang tak lain adalah menari. sumber 




Makanan Khas Trenggalek

Makanan khas Kota Trenggalek itu banyak macamnya dan cukup disukai oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara, seperti oleh-oleh khas Trenggalek misalnya alen-alen dan kripik tempe. Alen-alen itu bentuknya bulat seperti cincin, rasanya ada berbagai macam ada gurih, asin, manis, dan pedas. Kalau kripik tempe itu terbuat dari tempe yang di potong tipis lalu digoreng, rasanya enak, gurih pokoknya mantap beuuttzz lah oleh-oleh khas dari kotaku ini.

Ada juga masakan seperti misalnya nasi tiwul yang terbuat dari gaplek atau ketela yang sudah di proses, nasi tiwul rasanya enak dan bisa menahan lapar dalam waktu yang lama (pengalaman mimin) hehehe. . . . Ada nasi gegok yang terbuat dari nasi beras dengan ditambah sambal teri dan dibungkus daun pisang, cara masaknya dengan direbus. Rasanya bray. . . . beuuuuuhh jooos banget, bagi penikmat masakan pedas ini cocok banget

Kalau ke Trenggalek jangan lupa beli makanan khasnya ya bray, dijamin pasti nagih dan bakalan pengen lagi wakakaakak. . . . .(sekalian promosi) :p






Ciri Khas Trenggalek
Trenggalek adalah kota yang dikelilingi gunung, semua sisi mulai bagian utara, timur, selatan, dan barat di bentengi oleh gunung. Dan yang menjadi khasnya lagi yaitu bahasa “Nyatuke” yang artinya emang,  dan bahasa itu tidak dipunyai oleh daerah lain.

Di Trenggalek juga ada tempat wisatanya lho bray, salah satunya Pantai Prigi dan Hutan Bakau. Pemandangannya bagus sekali dan suasananya romantis dibumbui sedikit perasaan syahdu buat pasangan yang lagi menikmati dunia asmara. Hehehehe. . . . 😀 Gimana nih, mau main ke sini???? Saya tunggu ya bray. . . .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar